Jumat, 13 November 2020

LAPORAN PRAKTIKUM APK PERTEMUAN 2 MICROSOFT VISIO

    

   A.     TUJUAN PRAKTIKUM

  Pada praktikum ini akan dijelaskan mengenai konsep dasar microsoft visio. Setelah menyelesaikan perkuliahan,praktikan diharapkan mampu memahami dan menggunakan aplikasi microsoft visio dengan baik.

   B.     TEORI ATAU PRINSIP DASAR PRAKTIKUM 

 

Visio adalah aplikasi komputer yang digunakan untuk membuat diagram, diagram alir, brain storm, dan skema aliran pada aplikasi ini, menggunakan grafik vektor dalam pembuatan diagramnya. Visio merupakan software yang sangat membantu kita agar bisa menuangkan ide ide atau konsep apapun kedalam bentuk flowchart, diagram, ataupun ilustrasi lainnya. Visio dapat membuat suatu diagram muali dari yang sederhana hingga diagram yang lebih kompleks, cukup dengan penambahan shape dengan cara menarik shape kelembar kerja. Adapun beberapa keunggulan microsoft visio antara lain :

  1. Tools mudah dipahami
  2. Cara penggunaan lebih mudah
  3. Mempunyai banyak pilihan gambar atau shape
  4. Mempermudah dalam membuat diagram
  5. Hasil yang dihasilkan lebih rapi

Menu Utama 

    Microsoft Visio menyediakan beberapa menu utama, diantaranya :

1.  File : Bagian file berfungsi menjelaskan yang berkaitan dengan file, seperti membuat file baru, membuka file dan lain – lain.

2.  Home  :  digunakan  untuk  proses  pengeditan seperti tulisan,  huruf,  menyalin, membuat line atau garis, dan lainnya.

3.  Design : digunakan untuk mengubah tampilan diagram, mengatur theme dan background agar tampilan terlihat lebih menarik.

4.  Review : menampilkan semua perubahan yang terjadi pada diagram, digunakan untuk memperlihatkan kembali apabila diperlukan pengecekan pada halaman kerja.

5.  View : menampilkan fitur grid, zoom, dan window yang digunakan untuk mengatur tampilang lingkungan kerja visio.

6.  Shapes : berisi bentuk yang berbeda – beda yang juga dikenal dengan stencil yang digunakan untuk menambahkan objek shape pada halaman pengerjaan 

Flowchart (Diagram Alir) 
Flowchart adalah suatu jenis diagram yang menjelaskan langkah – langkah dalam suatu sistem. Flowchart digambarkan dengan menggunakan simbol – simbol yang mewakili suatu proses tertentu yang dihubungkan dengan garis penghubung.

 

 

     C.    PROSEDUR DAN MEKANISME PRAKTIK

 Alat dan Bahan

1.  Komputer

2.  Microsoft Visio

3.  Mainan yang disesuaikan dengan produk masing – masing.

 Prosedur Praktikum

 1.  Buka program microsoft visio yang terdapat pada komputer

2.  Klik create pada tampilan microsoft visio

3.  Pilih salah satu pilihan yang ada di shapes, tekan lalu geserkan kearah lembar kerja

 4.  Jika ingin menambahkan garis, klik menu home, lalu pilih line, setelah itu arahkan pada objek pada lembar kerja

5.  Jika ingin mengedit sebuah objek pada lembar kerja klik pointer tool yang berada pada menu home

6.  Cara penambahan kata pada objek yaitu dengan cara klik insert lalu klik text box, lalu double klik pada objek yang akan diberi kata pada lembar kerja. 

      D.     LEMBAR KERJA

 Pada PT. BTS TOYS memilki alur proses produksi mulai dari permintaan konsumen terhadap produk mainan yang akan diproduksi oleh PT. BTS toys. Kemudian setelah menerima permintaan konsumen tersebut dilakukanlah sebuah perancangan terhadap produk yang nantinya akan diproduksi, lalu setelah perancangan selesai maka persiapan alat dan bahan yang akan digunakan dalam proses produksi. Bahan utama/bahan baku yang digunakan pada mainan ini adalah kayu. Setelah bahan dan alat disiapkan maka proses selanjutnya adalah pemotongan kayu, pembentukan pola,dan proses amplas mengunakan dinamo amplas. Pada proses amplas ini harus dilakukan dengan benar sampai permukaan kayu benar-benar halus sehingga memudahkan dalam proses pengeleman. Setelah proses pengeleman,  dilakukanlah proses pembuatan roda. Setelah lem kering dan pembuatan roda selesai maka langkah selanjutnya adalah menguji kelayakan produk yang nantinya akan dipasarkan. Apabila layak, maka kita dapat menentukan harga jual yang sesuai dengan produk yang kita buat dan barang akan dijual, diterima konsumen dan selesai. Jika tidak layak maka produk dirancang ulang saampai memenuhi standar kelayakan sebuah produk. Tujuan dari flowchart diatas yaitu untuk mempermudah dalam memahami step by step dalam proses produksi sedangkan manfaatnya yaitu mempermudah dalam proses produksi karena setiap prosesnya bersifat sistemmatis.


     E.     REFERENSI

      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015.

Analisa Perancangan Kerja.

      binus university.2016. Pengenalan ms. Visio. https://sis.binus.ac.id/2016/06/27/pengenalan-microsoft-office-visio/

      Teknik industri .2020. Modul Praktikum analisa perancangan kerja.

Universitas Pamulang

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INVENTORY CONTROL - Metode Period Order Quantity (POQ)

  PER T E M U A N 6 INVENTORY CONTROL (POQ)   A . T U J U A N P R A K T I KU M Pada pertemuan ini akan dibahas mengenai invento...