Jumat, 13 November 2020

LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM ANALISA DAN PERANCANGAN KERJA-PERTEMUAN 1

   

   A.     TUJUAN PRAKTIKUM

  Pada pertemuan ini akan dijelaskan mengenai pengertian dan sejarah analisa perancangan kerja dengan tujuan setelah menyelesaikan praktikum, praktikan diharapkan mampu memahami pengertian serta sejarah analisa perancangan kerja, dan dapat mengetahui apa saja alat yang digunakan pada saat praktikum.

   B.     TEORI ATAU PRINSIP DASAR PRAKTIKUM ANALISA PERANCANGAN     KERJA

  Analisa Perancangan Kerja (APK) adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari prinsip–prinsip dan teknik–teknik untuk mendapatkan suatu rancangan sistem kerja yang terbaik, yang terdiri dari manusia, mesin, material, dan peralatan kerja serta lingkungan kerja agar sistem kerja tersebut efektif dan efisien. Dilihat dari sejarahnya, disiplin Ilmu Teknik Industri dimulai dari perbaikan sebuah system kerja yang dianggap sebagai sebuah teknik manajemen, maka dapat dikatakan bahwa Teknik Tata Cara Kerja sebagai disiplin ilmu Teknik Industri yang pertama.

  Analisis perancangan kerja pada awalnya dikembangkan oleh F.W. Taylor dan F.B. Gilberth. Penelitian-penelitian mereka sesungguhnya tidak dilakukan secara bersamaan, namun hasil-hasil penelitian mereka telah digabungkan dan dikembangkan sehingga akhirnya dikenal sebagai Teknik Tata Cara Kerja atau Methods Engineering. F.W. Taylor merupakan tokoh yang pertama melakukan penelitian mengenai pengukuran waktu (time study) yang merupakan cikal bakal dari lahirnya displin ilmu Teknik Industri. Ia bekerja di pabrik baja di Amerika pada tahun 1981 sebagai seorang pengawas. Selama menjadi pengawas ia melihat pekerja pekerja tidak berprestasi sebagaimana mestinya. Taylor berpendapat bahwa seharusnya pekerja-pekerja tersebut dapat memberikan hasil yang lebih maksimal. Setelah melakukan pengamatan Taylor menduga bahwa yang menjadi penyebab adalah pengaturan jam kerja yang tidak baik. Dari situlah Taylor melakukan penelitian terhadap pekerja, dan hasil penelitian menyatakan bahwa kerja kerja dipengaruhi oleh lamanya waktu kerja, waktu istirahat dan frekwensi istirahat. Kemudian Taylor melakukan pengukuran waktu kerja dengan menggunakan jam henti (stop watch) untuk mengetahui waktu yang efektif untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ilmu-ilmu di bidang pengukuran waktu selanjutnya mengalami perkembangan, seperti lahirnya Data waktu Standard, Data Waktu Gerakan, dan penggunaan work sampling sebagai salah satu alternatif lain dalam pengukuran waktu.

  Pada tempat dan waktu yang berbeda F.B. Gilbreth juga melakukan penelitian mengenai waktu gerak, hal ini didasari dari semasa dia bekerja sebagai seorang kontraktor melihat cara kerja para pekerjanya, dia melihat ketidakefisienan gerakangerakan kerja menyusun batu bata. Sejak itulah Gilbreth bersama istrinya lilian seorang psikolog melakukan penelitian mengenai studi gerakan. Mereka mengamati gerakan- gerakan kerja yang dilakukan pekerja dengan menggunakan kamera untuk merekamnya. Penelitian tersebut berujung pada penemuan suatu prosedur untuk menganalisa gerakan kerja dan memperbaikinya. Prosedur tersebut adalah membagi gerakan-gerakan kerja menjadi elemen-elemen gerakan dasar yang merupakan bagian dari suatu gerakan. Elemen-elemen gerakan yang dikembangkan oleh Gilberth berjumlah 17 buah dan dan dengan elemen-elemen inilah perbaikan-perbaikan gerakan dilakukan. F.B. Gilberth menerbitkan bukunya pada tahun 1991 berjudul ―Motion Study‖. Selain itu, ia mengembangkan prinsip- prinsip perancangan sistem kerja yang dikenal sebagai Ekonomi Gerakan. Prinsip- prinsip ini dimaksudkan untuk mendapatkan suatu sistem kerja yang terancang baik sehingga memudahkan dan menyamankan gerakan-gerakan kerja untuk sejauh mungkin menghindarkan atau melambatkan datangnya kelemahan (fitique). Dalam perkembangan selanjutnya karena kedua hasil penelitian tersebut saling melengkapi dan dipandang sebagi satu kesatuan, akhirnya keduanya digabungkan dan dikembangkan sehingga akhirnya dikenal sebagai Teknik Tata Cara Kerja atau Methods Engineering.

     C.    PROSEDUR DAN MEKANISME PRAKTIK

1.  Siapkan 1 unit mainan yang disesuaikan dengan produk masing-masing kelompok.

2.  Siapkan 1 unit meteran.

3.  Siapkan 1 unit stopwacth.

4.  Siapkan 1 unit timbangan berat badan.

5.  Download dan install microsoft visio.

6.  Carilah fungsi dan tujuan dari meteran,stopwacth,timbangan berat badan,dan microsoft visio.

7.  Carilah   bagaimana   cara   pemakaian   masing-masing   alat   yang   akan digunakan.

8.  Disertakan foto atau gambar masing-masing alat pada lembar kerja.

     D.     LEMBAR KERJA

1. Meteran


Fungsi : digunakan untuk mengukur jarak ataupun panjang suatu objek. Pada praktikum antropometri, alat ini digunakan untuk mengukur ukuran badan agar mengetahui ukuran yang diperoleh.

Cara penggunaan meteran antara lain:

Posisikan ujung pita meteran tepat pada titik awal objek yang ingin diukur

Tarik meteran menuju titik akhir dari objek yang akan diukur

Pastikan posisi pengukuran benar.Sebelum mencatat

Catatlah hasil pengukuran sesuai dengan satuan yang kehendaki apakah itu mm, cm, m, inch, atau feet.

2. Stopwatch


Fungsi :  Digunakan  untuk  mengukur  lamanya  waktu  yang  diperlukan  dalam kegiatan.

Cara penggunaan :

Tekan tombol start untuk memulai mengukur waktu. Setelah tombol tersebut diputar, jarum akan berputar dan berkalibrasi secara periodik.

Lalu tekan tombol tersebut untuk kedua kalinya, untuk tekanan kedua bukan untuk mematikan, tetapi berfungsi untuk membuat kombinasi secara mekanik. Kemudian jarum pun akan berhenti dan menunjukkan yang telah dilalui terhitung sejak menekan tombol start pertama

3. Timbangan Berat Badan




Cara penggunaan :

  Letakkan timbangan berat badan di tempat yang datar. 

  Naik ke atas timbangan, kemudian berdiri tegak pada bagian tengah timbangan dengan pandangan lurus ke depan.

3. Microsoft Visio




Visio adalah suatu program komputer yang digunakan untuk membuat diagram, diagram alir, brainstrom, dan skema. Pada aplikasi ini menggunakan diagran vektor dalam pembuatan diagra-diagramnya. Pada praktikum analisa perancangan kerja. Microsoft visio memudahkan kita dalam pembuatan peta kerja, diagram dan lainnya.

Cara penggunaan :

 Buka program Microsoft Visio yang terdapat pada komputer.

  Klik create pada tampilan Microsoft visio.

3. Mainan yang disesuaikan dengan produk masing-masing

 

 Kesimpulan :
Pada pertemuan pertama ini kita dapat mengetahui definisi dan sejarah analisa perancangan kerja serta dapat mengetahui alat-alat yang digunaka serta fungsinya


     E.     REFERENSI

      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015.

Analisa Perancangan Kerja.

      binus university.2016. Pengenalan ms. Visio. https://sis.binus.ac.id/2016/06/27/pengenalan-microsoft-office-visio/

      Teknik industri .2020. Modul Praktikum analisa perancangan kerja.

Universitas Pamulang

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INVENTORY CONTROL - Metode Period Order Quantity (POQ)

  PER T E M U A N 6 INVENTORY CONTROL (POQ)   A . T U J U A N P R A K T I KU M Pada pertemuan ini akan dibahas mengenai invento...