Senin, 11 Maret 2019

SISTEM LAPISAN SOSIAL YANG BERSIFAT TERTUTUP DI INDIA

Lapisan sosial yang memiliki sifat tertutup ialah lapisan sosial yang membatasi sebuah kemungkinan terhadap pindahnya seorang individu dari sebuah lapisan menuju ke lapisan yang lain secara vertikal. Dalam sistem ini, kriteria yang harus ada pada diri sorang individu ialah melalui garis keturunan atau kelahiran. Mayarakat dalam sistem ini terintegrasi dengan sistem lapisan sosial tertutup. Masyarakat ini menganut paham feodalisme yakni kedudukan atau status sosial masyarakat ditentukan berdasarkan pada ukuran perbedaan ras dan suku bangsa. Di negara India, lapisan sosial masyarakat jenis ini diwujudkan dalam kasta yang didasarkan oleh agama Hindu yang bercirikan sebagai berikut:
1. Sistem keanggotaan pada kasta didapatkan melalui kelahiran atau keturunan.
2. Sistem keanggotaan yang diturunkan berlaku sepanjang hayat, hal ini disebabkan oleh mustahilnya merubah kedudukan pada seseorang berdasarkan keturunannya.
3. Pernikahan yang dilaksanakan memiliki sifat endogami, yakni pernikahan yang hanya boleh dilakukan jika pasangan suami isteri berasal dari kasta yang sama.
4. Interaksi dengan komunitas/kelompok sosial yang lain bersifat terbatas.
5. Kesadaran terhadap suatu keanggotaan pada kasta tertentu. Terutama terlihat dari nama kasta, identifikasi anggota kastanya, serta sifat adaptif yang ketat pada norma-norma kasta.
6. Kasta terikat oleh status atau kedudukan yang ditetapkan secara tradisional.
7. Prestise terhadap suatu kasta amat diperhatikan.
Kasta-kasta seperti disebutkan di atas memiliki status atau kedudukannya yang begitu kompleks dan sampai saat ini tetap dipertahankan, meskipun warga masyarakat India sendiri dalam beberapa hal juga tidak mengakui adanya sistem kasta tersebut.Lapisan sosial tertutup ini memiliki sifat lebih statis, terutama pada warga masyarakat yang berada di lapisan bawah. Mereka tidak memiliki motivasi dan cita-cita yang tinggi dikarenakan warga masyarakat dikalangan atas akan menyepelekannya atau terkadang Keberhasilan yang telah dicapai tidak diakui. Dengan demikian, kedudukan yang ada pada tiap individu masyarakat relatif memiliki sifat yang permanen. Begitu pun halnya dengan korelasi atau hubungan yang dikerjakan oleh sesama individu masyarakat yang berbeda lapisan harus memiliki batas berdasarkan dengan kedudukan sosial yang dipunyai.
Sistem lapisan sosial jenis tertutup dalam lingkungan masyarakat mempunyai karakteristik / ciri-ciri sebagai berikut
1. Keturunan seorang individu masyarakat sangat menentukan kedudukannya.
2. Kedudukan yang didapatkan berdasarkan keturunan. Tidak bisa dirubah serta berlaku seumur hidup
3. Hubungan / interaksi antara sesama warga masyarakat sangat ditentukan berdasarkan persamaan status / kedudukan dengan mengikuti pola perilaku serta tata krama pada adat yang berlaku dimasyarakat.
4. Harga diri yang ada pada individu masyarakat adalah falsafah hidupnya.
Contoh kasus yang terjadi akibat perbedaan kasta di India. Diindia banyak sekali kasus-kasus mengenai perbedaan kasta ini mulai dari Kasus pemerkosaan sebagai bentuk eksploitasi atas kasta rendah, pembunuhan dan masih banyak lagi. Berikut salah satu kasus mengenai perbedaan kasta diindia :
Seorang Pria yang berasal dari kasta dalit yang merupakan kasta rendah diindia dibunuh karena menikah dengan kekasihnya yang berasal dari kasta yang lebih tinggi.  Pria tersebut dibunuh sekelompok pria bersenjata tajam setelah menikahi kekasinya tersebut yang berasal dari kasta tinggi. Pria 22 tahun yang masih berstatus mahasiswa itu dianggap mendapatkan isteri yang terlalu baik. Polisi di India selatan menyatakan, pembunuhan itu diduga sebagai aksi pembunuhan demi kehormatan yang dilakukan kerabat pihak wanita yang marah dengan pernikahan beda kasta tersebut.
      Kasus pembunuhan demi kehormatan bukan hanya sekali terjadi diIndia. Beberapa  kasus juga pernah terjadi, dimana para korban dibunuh karena dengan alasaan perbedaan kasta dan perbedaan agama. Mahkamah Agung India pada tahun 2011 pernah membuat keputusan bahwa mereka yang terlibat dalam “pembunuhan demi kehormatan” harus menghadapi hukuman mati. Namun, putusan mahkamah agung itu tidak membuat takut warga india yang fanatik dengan kasta mereka.

2 komentar:

INVENTORY CONTROL - Metode Period Order Quantity (POQ)

  PER T E M U A N 6 INVENTORY CONTROL (POQ)   A . T U J U A N P R A K T I KU M Pada pertemuan ini akan dibahas mengenai invento...